Open/Close Menu PROMO Daihatsu Cibubur Dan PROMO Daihatsu Termurah – Daftar Harga & Info Promo

Tak Selalu Menguntungkan, Ini Kekurangan Lain Air Bag yang Kerap Membahayakan

Fitur airbag daihatsu

Fitur Supplemental Restraint System (SRS) Airbag pada mobil harusnya digunakan sebagai piranti penyelamat pada pengendaranya, melindungi kepala dan dada pengemudi serta penumpang depan dari benturan ketika kecelakaan. Tapi terkadang peranti itu bisa membahayakan jika tidak berfungsi dengan baik. Tidak sampai menyebabkan kematian, namun bisa memberikan pengemudi dan penumpang cedera ringan.

Ketika Airbag mengembang, saat itu kantong udara diisi oleh gas panas. Gas panas berkecepatan tnggi inilah yang berpotensi menyebabkan luka bakar, goresan maupun memar. Tak hanya itu ketika Airbag mengembang bukan tidak mungkin kaca depan pecah karena adanya benturan dengan Airbag. Tentu, serpihan kaca ini juga bisa menjadi potensi cedera.

Belum lagi sensor pengembang airbag tidak selalu bisa membaca benturan yang terjadi. Salah satunya adalah ketikamenabraktiang atau pohon. Hal ini disebabkan benturan hanya terjadi di satu daerah dan kekuatannya tidak bisa terdeteksi oleh sensor. Jika benturan terjadi dalam kecepatan rendah pun bisa jadi airbag tidak akan mengembang.

Biasanya faktor yang menyebabkan mengembangnya kantung udara adalah tabrakan dengan kecepatan 20-30 km per jam atau lebih terhadap benda yang tidak bergeser seperti dinding beton. Selain itu, airbag tidak akan mengembang jika mengalami tabrakan frontal, atau dari arah depan kanan dan kiri dengan sudut tidak lebih dari 30 derajat.

Ada juga airbag yang didesain saling berhubungan dengan sabuk pengaman. Jika sabuk pengaman tidak dikenakan, maka airbag tidak akan mengembang jika terjadi tabrakan mobil.Selain itu kekurangan lain penggunaan air bag adalah harga perbaikannya yang menguras kantong namun dengan resiko cedera yang masih membayang.

Facebook Comments
Copyright © 2017 Dealer Daihatsu Depok & Cibubur. All Rights Reserved.

Design & Development by Revelation.co.id.

%d blogger menyukai ini: